• Senin, 27 Juni 2022

Sudah Masuk Tanggal 8 Syawal, Masih Ada Waktu Puasa Sunah Syawal, Dapat Pahala Puasa Setahun Lho!

- Senin, 9 Mei 2022 | 12:19 WIB
 puasa Syawal 2022 dan keutamaannya, setara puasa setahun penuh (Ayobandung.com/Herawati Ningsih)
puasa Syawal 2022 dan keutamaannya, setara puasa setahun penuh (Ayobandung.com/Herawati Ningsih)

BERSHALAWAT.COM - Delapan sudah Hari Raya Idul Fitri berlalu, kaum Muslimin diseluruh dunia bergembira dengan berbagai tradisi dan kemeriahan.

Di tanah air kita, kemeriahan bulan Syawal menjadi momen besar yang terjadi setiap tahunnya dimana jutaan perantau akan pulang kampung untuk berlebaran bersama kerabat tercinta.

Wajar jika kemudian kepadatan dan kemacetan akan bergeser dari kota-kota besar ke berbagai pelosok pedesaan terlebih yang menjadi pusat wisata.

Tak kalah mulia dan berkahnya dibandingkan dengan bulan Ramadhan, ada beberapa hal dan peristiwa yang menujukkan keutamaan bulan Syawal.

Baca Juga: Muslim Wajib Tahu! 10 Adab Terhadap Al Quran, Jangan Sampai Tidak Dilakukan

Dalam catatan sejarah, Rasulullah ﷺ menikahi Sayyidah Aisyah pada bulan Syawal untuk menepis keyakinan dari warisan Jahiliyah, bahkan hal itu kemudian dijadikan sebagai dasar anjuran menikah di bulan Syawal.

Di bulan Syawal juga terdapat amalan sunah yang memiliki timbangan phala yang besar di sisi Allah dan Rasul-nya, sebagaimana diriwayatkan dari Abu Ayyub Al-Anshary radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah ﷺ bersabda:

مَنْ صَامَ رَمَضانَ ثُمَّ أَتَبَعَهُ سِتًّا مِنْ شَوَّالٍ كانَ كصِيَامِ الدَّهْرِ

Artinya, "Siapa yang melakukan puasa Ramadhan lantas ia ikutkan dengan puasa enam hari di bulan Syawal, maka itu seperti berpuasa setahun penuh.” (HR Muslim).

Halaman:

Editor: Taupik Lubis

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Idul Adha Tanggal berapa? Simak Pembahasannya!

Kamis, 16 Juni 2022 | 22:44 WIB

Ini Tata Cara Sholat Idul Adha, Yuk Pelajari!

Selasa, 14 Juni 2022 | 14:11 WIB
X