• Kamis, 26 Mei 2022

Hati-hati Terlalu Lama Menatap Layar Saat Covid 19, Ini Cara Atasinya!

- Senin, 17 Januari 2022 | 16:09 WIB
Ilustrasi WFH.Terlalu lama menatap layar dapat membahayakan kesehatan mata (Pixabay.)
Ilustrasi WFH.Terlalu lama menatap layar dapat membahayakan kesehatan mata (Pixabay.)

BERSHALAWAT - Kehadiran Covid 19 mengubah sejumlah kebijakan, salah satunya munculnya istilah Work From Home atau bekerja dari rumah. 

Bukan hanya Work From Home bagi karyawan, tapi ada juga istilah Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) bagi pelajar dan mahasiswa selama Pandemi Covid 19

Selama Covid 19 belum usai dari tanah air, dengan adanya WFH dan PJJ waktu untuk menatap layar semakin meningkat, baik itu bagi pelajar maupun pekerja. 

Baca Juga: Gawat, Jepang Dilanda Omicron! Pemberian Vaksin Booster Dipercepat!

Rutinitas yang tidak bisa diindahkan selama masa pandemi Covid 19 ini berdampak buruk pada kesehatan mata.

Meningkatnya waktu paparan terhadap layar gawai pun mendatangkan yang namanya Computer Vision Syndrome (CVS) atau gangguan sindrom mata.

"Saat kita menghabiskan lebih banyak waktu di layar digital termasuk laptop, ponsel, tablet, e-reader, dan bahkan televisi, mata kita memiliki peningkatan waktu paparan yang tidak proporsional ke layar ini yang penuh dengan konsekuensi merugikan yang cukup besar," kata Dr. Tushar Grover, Direktur Medis di Vision Eye Centre, New Delhi, India.

Baca Juga: Sekolah di DKI Jakarta Masih Penuhi Syarat PTM 100 Persen

Beberapa gejala dari terjadinya sindrom mata ditandai dengan mata tegang, kepala sakit, penglihatan kabur atau penglihatan ganda, mata kering bahkan hingga sakit leher dan bahu.

Halaman:

Editor: Shafira Hanifa

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X