• Senin, 27 Juni 2022

Kasus Pertama Cacar Monyet Dikonfirmasi Singapura, Jadi Ancaman Asia Tenggara, Indonesia Harus Waspada

- Kamis, 23 Juni 2022 | 10:44 WIB
Cacar monyet (WHO)
Cacar monyet (WHO)

BERSHALAWAT.COM - Dengan dikonfirmasinya kasus pertama di Singapura, virus impor cacar monyet (monkeypox) dipastikan telah sampai ke Asia Tenggara, Indonesia diharapkan segera pasang kuda-kuda.

Pada Selasa malam, waktu setempat, Kementerian Kesehatan Singapura mengumumkan temuan kasus pertama cacar monyet (monkeypox) itu, 21 Juni 2022.

Sejak wabah ini beredar ke selain wilayah endemiknya beberapa pekan lalu, Kasus cacar monyet (monkeypox) tersebut sekaligus menjadi tanda telah masuknya virus ke kawasan Asia Tenggara.

Pasien yang bersangkutan ialah seorang pria Inggris berusia 42 tahun yang bekerja sebagai pramugari, diketahui positif usai melakukan tes pada 20 Juni. 

Baca Juga: Sudah Tahu Bacaan Sholawat Terbaik Ini? Doa Bisa Terkabul Lho!

Dikutip Bershalawat.com dari berita Pikiran Rakyat.com berjudul "Indonesia Bersiap Ancaman Cacar Monyet Mulai Masuki Asia Tenggara, Singapura Konfirmasi Kasus Pertama".

Otoritas Singapura menjelaskan, sebelum dinyatakan positif pasien tersebut telah terbang masuk dan keluar Singapura sekitar pertengahan Juni.

Bukan virus yang mengancam jiwa, kementerian menegaskan pria itu kini tengah dalam kondisi stabil dan dirawat di bangsal Pusat Nasional untuk Penyakit Menular di Singapura.

Mencegah penyebaran, pihak rumah sakit tempat pasien dirawat segera melakukan pelacakan, hingga teridentifikasi lah tiga belas kontak yang dekat dengan pria itu.

Halaman:

Editor: Taupik Lubis

Sumber: Pikiran rakyat.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X