• Rabu, 27 September 2023

Haji Tamattu Adalah Haji yang Pengerjaannya Seperti Ini! Simak Selengkapnya!

- Rabu, 7 Juni 2023 | 17:46 WIB
Penjelasan haji tamattu adalah apa (Pexels/Mutahir Jamil)
Penjelasan haji tamattu adalah apa (Pexels/Mutahir Jamil)

BERSHALAWAT.COM - Kali ini, kita akan bicara tentang salah satu ibadah yang sering ditanyakan orang. Kamu tahu Haji Tamattu adalah apa? Yuk, kita jelajahi bersama!

Sebenarnya, Haji Tamattu adalah gabungan antara dua ibadah, yaitu mendahulukan umroh kemudian haji. Kamu tahu apa itu umroh? Umrah adalah perjalanan ke Makkah yang bisa dilakukan kapan saja dalam setahun.

Kamu datang ke Kabah dan melakukan tawaf mengelilinginya. Setelah itu melakukan sai, yaitu berlari-lari kecil antara bukit Shafa dan Marwah.

Nah, selain umrah, ada juga ibadah haji yang merupakan ibadah wajib bagi umat Muslim. Ibadah haji dilaksanakan pada bulan Dzulhijjah, dan kita melakukan serangkaian ritual seperti wukuf di Arafah, melempar jumrah, dan melakukan tawaf di Ka'bah.

Baca Juga: Ngeri! Baut Rel Kereta Cepat Jakarta-Bandung Dipreteli Kawanan Pencuri, Polres Karawang Tangkap 6 Pelaku

Lalu, apa hubungannya Haji Tamattu dengan umrah dan haji?

Nah, dalam Haji Tamattu, kita pertama-tama melakukan umrah. Kita mengenakan pakaian khusus yang disebut pakaian ihram dan berniat untuk melakukan umrah.

Niat ihram umrah ini dilakukan di miqat yang sudah ditentukan. Bagi jamaah yang berangkat dari Madinah, maka miqatnya di Dzulhulaifah, sedangkan yang berangkat langsung ke Mekkah miqatnya di Yalamlam. Pelaksanaan umrah ini dilakukan di dalam musim haji.

Setelah selesai melakukan umrah, kita melepas pakaian ihram dan kembali menggunakan pakaian biasa. Ini berarti umrah kita sudah selesai, tapi kita belum selesai dengan haji.

Baca Juga: Perbedaan Haji dan Umroh Singkat Jelas Padat, In Sya Allah Jadi Paham!

Setelah melakukan umrah, kita kemudian menyambungnya dengan melakukan haji pada tahun yang sama. Kita kembali mengenakan pakaian ihram dan melakukan semua ritual haji, seperti wukuf di Arafah, melempar jumrah, dan tawaf di Ka'bah.

Bagi orang yang melakukan haji tamattu ada kewajiban membayar dam.

Demikianlah penjelasan mengenai haji tamattu adalah apa, semoga bermanfaat.***

Editor: Fahmi Aziz

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X