• Kamis, 26 Mei 2022

Jangan Terlewat! Ini Amalan Bulan Rajab Sesuai Tuntunan Ulama dan Generasi Salaf

- Jumat, 21 Januari 2022 | 00:39 WIB
ilustrasi amalan bulan Rajab dan penjelasan soal keutamaannya (Foto: Pixabay/sofdoug)
ilustrasi amalan bulan Rajab dan penjelasan soal keutamaannya (Foto: Pixabay/sofdoug)

BERSHALAWAT - Saat bulan Jumada Tsaniyah berakhir, kita perlu mempersiapkan diri untuk lebih giat beribadah, termasuk mempersipakan amalan bulan Rajab apa saja yang akan dilakukan.

Selain mengetahui amalan bulan Rajab, sebaiknya kita juga perlu mengetahui keutamaan apa saja yang ada saat ibadah di bulan ketujuh penanggalan hijriah ini.

Sejak memasuki 1 Rajab 1443 H yang bertepatan dengan 2 Februari 2022, kita sudah bisa mulai mengamalkan amalan bulan Rajab yang akan kami jelaskan di bawah ini.

Lantas apa sajakah amalan bulan Rajab yang bisa kita maksimalkan? 

Baca Juga: Ingin Urusan Jodoh Dipermudah? Ini Amalan yang Diajarkan Syekh Ali Jaber

Dinukil dari kitab Tafrijul Karab Fi Nafahati Rajab karya Syaikh Abdul Aziz bin 'Arafat As-Sulaimani, terdapat keutamaan yang didapat seorang hamba bila mengamalkan amalan dibawah ini:

1. Keutamaan Puasa di bulan Rajab:

Al-Hafizh Ibnu Rajab berkata: "Dahulu sebagian salaf puasa di bulan-bulan haram sebulan penuh, di antaranya Ibnu Umar, Hasan Al-Bashri dan Abu Ishaq As-Sabi'i. Ats-Tsauri juga berkata: Bulan-bulan haram lebih aku sukai untuk berpuasa di dalamnya."

Khallad As-Shaffar meriwayatkan dari Imam Muslim: "Puasa sehari di bulan-bulan haji (atau ia berkata) di bulan-bulan haram setara dengan sebulan, dan puasa sehari di luar bulan-bulan haram setara dengan sepuluh hari."

Halaman:

Editor: Fahmi Aziz

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X